Berobat ke Singapura

Tips Berobat ke Singapura bagi Pemula

Penyakit apapun meski tergolong ringan, sudah seharusnya mendapatkan penanganan cepat & tepat. Jika dibiarkan, sering kali berkembang menjadi penyakit serius yang menurunkan kualitas hidup hingga mengancam nyawa. Apalagi yang jelas-jelas didiagnosa terserang penyakit serius, harus sesegera mungkin mendapatkan penanganan medis supaya penyakit tidak semakin parah atau mungkin bisa meningkatkan peluang kesembuhan. Bicara soal pengobatan suatu penyakit, beberapa tahun terakhir orang Indonesia berbondong-bondong berobat ke Singapura.

Alasannya karena Singapura memiliki rumah sakit berstandar internasional yang memiliki peralatan medis canggih dan banyak dokter spesialis senior. Harapan mereka ketika berobat ke luar negeri seperti Singapura adalah mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik sehingga bisa segera bebas dari masalah kesehatan yang dialami. Berencana berobat ke Singapura dalam waktu dekat? Jika Anda baru kali pertama ke Singapura untuk berobat, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

Konsultasi sebelum berangkat

Jangan sampai minimnya pengetahuan membuat perjalanan berobat ke Singapura jadi tak berjalan baik. Sebagai pasien baru, Anda dianjurkan melakukan konsultasi dengan perwakilan resmi rumah sakit Singapura sebelum berangkat. Dengan  begini, Anda akan mendapatkan informasi lebih detail mengenai rumah sakit yang bakal dituju. Kalaupun masih bingung menentukan rumah sakit, pihaknya akan merekomendasikan rumah sakit yang memiliki klinik unggulan atau menggandeng dokter subspesialis sesuai dengan keluhan Anda. Apabila memerlukan rawat inap, Anda juga akan dibuatkan reservasi rawat inap.

Pesan tiket pesawat setelah appointment

Ketika hendak melakukan perjalanan wisata, memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari memang mesti dilakukan supaya tidak kehabisan kuota pesawat atau tidak kehabisan promo dari pihak maskapai. Namun, pemesanan tiket dari jauh hari untuk tujuan berobat ke Singapura terlebih lagi sebelum membuat appointment dengan dokter tidak disarankan. Mengapa? Boleh jadi jadwal keberangkatan yang dipilih jauh lebih awal sebelum kunjungan dengan dokter pilihan sehingga Anda berpotensi mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya hidup selama di Singapura. Kemungkinan lainnya harus mengatur ulang janji karena kedatangan ke Singapura jauh lebih lambat dari jadwal pertemuan dengan dokter.

Siapkan SGD sesuai kebutuhan/bawa kartu kredit

Jangan lupa tukarkan Rupiah ke SGD (Dolar Singapura) sebagai alat pembayaran selama di Singapura agar tidak repot lagi ketika di Singapura. Untuk mengetahui berapa Rupiah yang perlu ditukarkan, Anda harus menghitung perkiraan biaya selama berobat di Singapura. Ingat, biaya di sini bukan hanya sekedar biaya dokter, obat, atau rawat inap saja melainkan juga biaya transportasi, makan, termasuk penginapan. Perkiraan bisa saja meleset, so tukarkan lebih dari perkiraan biaya. Jika tidak ingin repot & aman, bawa kartu kredit untuk alat pembayaran selama berada di Singapura.

Ingin berobat dengan dokter jantung, dokter kanker, atau dokter saraf terbaik di Singapura untuk pertama kalinya? Ketahui dahulu bagaimana tata cara berobatnya dari perwakilan resmi rumah sakit, pesan tiket setelah mengetahui janji ketemu dengan dokter ybs, dan tak lupa siapkan SGD/bawa kartu kredit untuk alat pembayaran selama berada di Singapura. Semoga tips singkat ini membantu perjalanan berobat Anda ke Singapura. Semoga segera diangkat penyakitnya dan tetap semangat.

Leave a Reply